Laman

Rabu, 18 Agustus 2010

Pola

Relationship........

Tanpa kita sadari kita semua punya pola dalam menjalin sebuah hubungan. Saya menulis ini bukan bermaksud untuk menjenderilisasi pola-pola dari sebuah hubungan karena mungkin pola-pola tersebut terlalu banyak sehingga tak bisa saya sebutkan satu persatu. Bahkan random relationship (hubungan acak) juga merupakan sebuah pola. Saya hanya akan menulis pola hubungan yang sempat saya lihat di lingkungan sekitar saya. 

  1. Pola pemimpi. Pola hubungan ini (biasanya pola ini dimiliki oleh wanita) adalah pola hubungan dimana orang tersebut mencari pasangan hidup, dimana jika orang tersebut menemukan seseorang maka dia akan menaruh semua mimpi dan harapan untuk hidup bersama selamanya atau yang lebih ekstrem hidup bersama bahagia selamanya. Dan jika hubungan tersebut tak berjalan dengan lancar maka dia akan merasa dunianya hancur berkeping-keping, kehilangan mimpi, dsb. Tapi seiring berjalannya waktu ketika orang tersebut sudah bisa melupakan hubungannya terdahulu dan menemukan seseorang yang baru lagi maka dia akan memulai pola yang sama yaitu menaruh semua mimpi dan harapannya pada orang tersebut untuk hidup bahagia selamanya.
  2. Pola bosan. Pola hubungan ini adalah pola hubungan yang paling banyak saya temui. Dalam pola ini seseorang akan sangat cepat menjalin sebuah hubungan tapi juga sangat cepat mengakhirinya. Dari banyak kasus yang saya temui rasa penasaran lah yang mendasari semuanya. Orang dalam pola ini hanya merasa penasaran pada orang yang dia temui, namun jika rasa penasarannya sudah terjawab maka dia akan merasa bosan dan akhirnya mengakhiri hubungan tersebut. Dan jika dia menemukan orang baru yang membuat dia lebih penasaran maka dia akan mengulang pola yang sama.
  3. Pola datar. Pola hubungan ini adalah pola dimana seseorang tak menyukai tantangan dalam hubungannya. Orang tersebut menginginkan hubungan yang semulus jalan tol dan jika tidak maka dia akan mengakhirinya dan akhirnya mengulang pola yang sama.
  4. Pola kacau. Pola hubungan ini berbanding terbalik dengan pola datar. Dalam pola ini seseorang akan merasa tidak nyaman jika hubungannya biasa-biasa saja. Tak ada riak atau gelombang. 
  5. Pola lari dari masalah. Pola hubungan ini adalah pola hubungan yang sangat sulit saya jelaskan. Tapi penggambarannya adalah bahwa ketika orang dalam pola ini menjalin hubungan dan hubungannya sedang dalam masalah maka orang tersebut cenderung untuk tidak menyelesaikan masalahnya dengan cepat. Dan seiring berjalannya waktu, selama masalahnya masih berlangsung dia mungkin bertemu dengan seseorang yang membuatnya tertarik, membuatnya lebih nyaman atau membuatnya melupakan masalah dalam hubungannya. Dan akhirnya dia akan menjalin hubungan dengan orang lain tersebut atau dalam kata lain mendua. Sampai nanti akhirnya akan timbul masalah baru lagi, dan akan tiba di satu titik dia harus memilih, atau salah satu yang mengalah. Keadaan akan kembali normal. Tapi pola ini akan berulang jika orang tersebut punya masalah atau mungkin tak punya masalah dan menemukan orang yang membuatnya lebih tertarik. Biasanya personil dari hubungan ini adalah 3 (tiga) orang (mendua), tapi bisa juga lebih.
Pastinya masih banyak sekali pola hubungan diluar sana. Tapi sejauh ini 5 (lima) pola diatas yang sudah saya temui. Dan jika anda bertanya pola saya maka pola saya sendiri adalah pola acak.

Tidak ada komentar: