Laman

Minggu, 26 September 2010

Salah

In life there is no safety net. Well, setidaknya itu menurut saya. Tidak ada situasi yang benar-benar aman. Karier, pekerjaan, hubungan asmara, hubungan pertemanan, hubungan keluarga, semua punya resiko tersendiri. Bahwa hidup adalah masalah pilihan. Dan salah satu hal yang mungkin dari pilihan tersebut adalah kita mengambil pilihan yang salah. Itulah resiko. Mengambil jalan yang salah bukan berarti kita salah, atau kita melakukan dosa besar yang tak terampuni, kita hanya mengambil jalan yang kurang benar. Salah satu hal yang tak boleh kita lakukan adalah menyesal karena telah mengambil jalan tersebut. Jangan pernah menyalahkan diri kita sendiri terus-menerus akan pilihan yang kita ambil. Karena saat kita membuat satu kesalahan itu berarti kita menemukan satu jawaban lagi tentang hidup. Sehingga jika suatu hari nanti, jika ada orang yang bertanya kita tidak lagi penasaran, tapi kita tahu jawabannya dengan pasti. Karena kita pernah salah. Ambil resiko dan jangan pernah takut untuk salah. Toh membuat satu kesalahan tak akan menyebabkan hujan atau badai. Belajarlah dari kesalahan. Semakin banyak kita salah semakin banyak jawaban yang kita tahu. 

Iya...saya pernah salah. Dan saya akan belajar dari kesalahan tersebut. Tapi saya tak mau menyalahkan diri saya terus-menerus. Saya tak mau menghukum diri saya lagi. Begitu juga orang lain. Saya tak mau orang lain terus menghakimi saya. Semua orang pernah salah tapi bukan berarti kita bisa menghakimi dan terus-menerus menilai orang tersebut. Berhentilah menilai seseorang maka kita akan belajar mencintai orang tersebut. Kata maaf untuk suatu kesalahan memang sangat mudah untuk diucapkan. Tapi setidaknya kita punya hati besar untuk mengucapkan kata tersebut. 

have a nice monday everyone,,,

Tidak ada komentar: